Perbandingan Negara Malaysia dan Negara Thailand

Perbandingan Negara Malaysia dan Negara Thailand

Negara Malaysia
Politik di Negara Malaysia menggunakan konstitusional monarki yang elective, yang kepimpinan tertinggi dipegang Raja.

Menganut Kekuasaan Eksekutif dengan cabinet yang memimpin didalamnya yaitu Prime Minister (perdana mentri), Konstitusi Malaysia menggunakan ketentuan untuk perdana mentri dengan harus menjadi bagian dari majelis rendah suatu parlement

Negara Malaysia juga meggunakan parlementer yang bersifat bicameral yg terdiri dari pada dewan Negara yg terhimpun dalam Nasional Hall. Dan Majelis Rendah Negara ini terhimpun didalam People Hall. Kekuasaan legislative dinegara ini adalah pembagian atau percabangan dari Negara Federal dan Negara bagian yang membuat UU.

Pemerintahan Negara bagian dipimpin oleh chief minister (mentri besar) dengn hasil pemilihan dewan Undangan negara dari sultannya.

Negara Thailand
Politik di Negara Thailand mempunyai kekuasaan yang dipegang oleh Raja juga hanya sedikit langsung dibawah konsitusi dengan perlindungan Buddhisme Thailand yang dijadikan lambing jati diri dan persatuan bangsa.
Dan pemerinthananya pun juga seperti Negara Thailand yang dipimpin oleh Perdana Mentri dari anggota – anggota parlement dari pemimpin partai yang mayoritas.

Parlement Thailand menggunakan 2 kamar dinamakan dengan Majelis Nasional atau Rathasapha, yang terdiri dari Dewan perwakilan dan senat. Ada juga kehakiman majelis tertinggi adalah Mahkamah Agung yang jaksanya dilantik oleh Raja.

Negara Thailand menggunakan konstitusional Monarki absolute didalam pemerintahannya.

Dari konstitusional tersebut mempunyai 3 divisi administrative yang antara lain :
a. Privy Council yaitu dewan rahasia yang berdiri sebagai penasehat di monarki dan terkadang menentuka pemerintahan untuk pelatihan kekuatan kerajaan ;
b. Office of The royal Household yaitu kantor keluarga kerajaan tetang pengorganisasian dalam hal rumah tangga kerajaan, dapat juga mengatur tentang kegiatan acara kerajaan yang bersifat monarki dan juga mengurus tentang keuangan kerajaan serta rumah tangga kerajaan secara luas;
c. His majesty’s royal Secretarial yaitu mereka yg sebagai juru tulis dan sekretaris untuk keluarha kerajaan;
d. Kuasaan eksekutif Negara Thailand yaitu dengan prime minister ( perdana menteri ) yang tidak dipilih dari parlement tetapi dari militer yang menetapkannya.
1 Response
  1. Unknown Says:

    Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno:+62852_2223_1459.
    ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya
    untuk lebih jelas kunjungi blog
    KLIK-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL