ARSITEKTUR KOMPUTER

Seperti yang di ketahui, PC terdiri atas sekumpulan hardware. Mereka dapat kita sentuh, terdiri atas casing, monitor, keyboard, mouse

Casing berisikan hardware, penting Central Processing Unit (CPU). CPU adalah mikrochip yang menjalankan software. Software sendiri adalah setiap program yang memberitahukan komputer bagaimana mereka menjalankan perintah kita. Software tidak dapat kita sentuh. Hardware penting komputer lainnya adalah RAM Card dan Hardisk, Program yang memastikan jalannya seluruh hadware ini adalah Operating System (OS).

OS adalah software yang mengatur seluruh hardware sekaligus menjalankan software - software lain (Program Aplikasi) di bawah perintah kita. Kita sebagai user (Pengguna) memberikan perintah dengan cara meng-klik menu icon ataupun mengetikkan teks cyptic. LINUX adalah OS, sama halnya dengan UNIX, Windows 98, Windows 2000, SunSolaris, dan Windows XP. LINUX disebut juga sebagai kernel LINUX, merupakan kembangan dari UNIX.

OS-lah yang membuat setiap komputer itu berbeda. Contohnya, kita dapat menjalankan Windows 98 atau Widows XP dalam suatu PC. Di PC yang sama itu kita juga dapat menjalankan LINUX. Ini artinya beberapa OS dapat berjalan berbarengan edalm satu PC.

Tujuan pokok OS adalah menjalankan software (Program Komputer) dari hand drive (Hardisk, Floopy disk, Flash Disk) untuk masuk ke dalam memory seraya memastikan CPU menjalankan perintah kita. Kita dapat melakukan segalanya terhadap komputer karena ada OS ini. Jika OS tidak berfungsi, dapat di katakan komputer tidak bisa menjalankan tugasnya.

LINUX adalah OS yang Multiuser dan Multitasking. Artinya, LINUX memungkinkan user yang berbeda - beda untuk memakai komputer yang sama (Multiuser). LINUX juga dapat menjalankan aneka program aplikasi disaat yang bersama (Multitasking).

Sering kali kita dengan nama yang berbeda untuk LINUX : MANDRAKE, REDHAT, KOPPIX, FEDORA, SUSE, DSB. Nama - nama tersebut adalah distributor (distro) LINUX. Semuanya ada didalam keluarga besar LINUX.

Meski berbeda - beda distronya, seluruhnya LINUX punya kesamaan di dalam adanya hal - hal berikut :
  1. X windows System
  • Adalah Graphical User interface (GUI). GUI memebuat layar kerja terdiri atas gambar - gambar. jadi, untuk melakukan perintah kita tinggal klik icon ini, atau menu itu.
2. Desktop Grafis
  • Jenis desktop LINUX, biasanya KDE ( K Desktop Environment) dan GNOME (GNU Network Model Enverironment).
3. Koleksi Program Aplikasi
  • Program - program LINUX seperti aplikasi Perkantoran, Multimedia, Grafis, dan lainnya beradadi dalam 1 paket dengan CD OS-nya. Jika CD OS Windows terpisah dengan CD Microsoft Office, LINUX tidak demikian. OS dan Program Aplikasiada bersamaan di dalam CD Instalasi.
Label: edit post
0 Responses