SEJARAH LINUX

  1. Tahun 1960-an Ken Thompson dan Dennis Ricthie (AT Bell Lab) membuat OS UNIX. UNIX adalah OS untuk pemprosesan teks.
  2. Tahun 1971 keluar edisi UNIX yang mampu mengelola sistem file, proses, sistem antar muka (interface), dan kegunaan lainnya. Bahasa yang ditulis masih bahasa mesin.
  3. Tahun 1972, Thompson mengembangkan UNIX dengan bahsa B, Ritchie menggembangkannya dengan bahasa c. Bahasa c lebih unggul karena bisa membuat berbagai program utilitas.
  4. Tahun 1973 UNIX di tulis ulang dengan bahasa c dan sukses besar.
  5. Tahun 1979 keluar UNIX versi 7 dari A&T Bell Laboraratories. Tercipta Berkeley 4.2 BSD dan 4.3 BSD dari University California (AS). BSD ini merupakan perbaikan dari UNIX 7.
  6. Tahun 1979 Microsoft juga mengembangkan UNIX yang diberi nama XENIX yang di dukung IBM untuk PC AT dan PS/2. IBM (Perusahaan Komputer Besar) juga mengembangkan UNIX yang di sebut AIX, sistem operasi yang jadi standar komputer jaringan.
  7. Tahun 1991 MINIX (Turunan UNIX) Di kembangkan LINUX Thorvald, mahasiswa university Helsinki (Finlandia). LINUX menyebarkan kode program MINIX yang di buat ke internet. Orang seluruh dunia mengembangkan MINIX yang di sebarkan. Jadilah MINIX yang sudah di kembangkan tersebut sebagai LINUX. Logo pinguin (Namanya : TUX) di dapat akibat disaat mengembangkan MINIX, LINUX di patuk pinguin.
  8. Setelah beredar LINUX dikelola oleh sebuah yayasan bernama FREE SOFTWARE FOUNDATION dengan tokohnya Richard M. Stallman. Lisensi (Izin Menggunakan) LINUX di daftarkan sebagai GPL (General Public License). Artinya, pengguna LINUX dapat memperoleh software LINUX secara gratis, menggembangkannya, dengan syarat tetap mencantumkan kode program dan pembuatnya yang terdahulu.
Label: edit post
0 Responses